banner 468x60

Hadapi Persaingan Ketat Unitri Sasar Mahasiswa Kurang Mampu Luar Jawa

banner 160x600
banner 468x60

Prof Dr Eko Handayanto, Msc Rektor Unitri

 

MALANG(KRJ.COM) Disaat persaingan perguruan tinggi di Kota Malang Universitas Tribuwana Tunggal Dewi (Unitri red) berusaha mengambil pasar yang berbeda, kampus ini mampu mengambil dari wilayah Timur dimana sebagian besar ekonominya kurang beruntung , namun kita tetap tampung, sehingga masyarakat di wilayah Timur ini bisa mengenyam pendidikan yang murah.” Saya harapkan masyarakat diwilayah Timur bisa mendapatkan pendidikan, oleh karenanya kami menyiapkan pendidikan yang murah dan terjangkau.” Ujar Rektor Universitas Tribuwana Tunggal Dewi (Unitri) Prof Dr Eko Handayanto, Msc pada Koranrakyat Sabtu (13/1) di sela syukuran kenaikan akreditasi empat jurusan di Unitri Malang.
Dikatakan bahwa dari jumlah 1760 mahasiswa baru tahun 2017 sekitar 45 prosen mendapatkan beasiswa dan sebagian ada yang mendapatkan SPP murah. Syukur mereka bisa tertampung di Unitri, dikatakan Eko bahwa Unitri tidak memiliki sponsor utama dalam mengelolah kampus, biaya murni dari mahasiswa dan yayasan. Bahkan beberapa daerah diwilayah Timur ada bupati atau gubernur yang nitip warganya untuk bisa kuliah di Unitri, tentunya kita tampung sehingga total mahasiswa kita saat ini 6800, namun idialnya sebetulnya kampus menampung 6500 mahasiswa. Sedangkan jumlah jurusan ada sekitar 18 Jurusan ada dua jurusan dalam katagori A sedangkan yang 14 masuk katagori B sisanya satu jurusan C..
Secara terpisah Prof. Dr. Ir. Bambang Guritno Ketua Yayasan Bina Patria Nusantara mengatakan bahwa untuk menghadapi persaingan tentunya Untri terus meningkatkan kualitas perguruan tingginya, kalau sekarang berada di posisi B akreditasi satu jurusan harus mampu bersaing secara Nasional sedangkan jurusan yang akreditasi katagori A harus mampu bersaing di Tingkat International. Tentunya kita terus melakukan pembenahan agar kampus Unitri lebih maju ujar mantan Rektor Unibraw ini.
          Sementara Ketua Program Study Teknik Kimia , SP Abrina Anggraini, St, MT mengatakan empat jurusan yang dapat B  teknik kimia, Peternakan sarjana keperawatan dan profesi nurse,  yang masih mempertahankan nilai akreditasi program study B adalah peternakan yang lainya meningkat dari C ke B sedangkan yang C hanya satu jurusan.

        Oleh karena yayasan maupun rektorat mengapresiasi dengan syukuran ini, Tentunya untuk merubah akreditasi harus sesuai stadart yang telah ditentukan oleh Dikti. Diantaranya harus bisa membuat system managemen mulai pembelajaran hingga penelitian sedangkan jumlah standarisasi ada  9 standart dengan sistem Lan mulai sistem pembelajaran hingga keuangan harus singkron. (fd)

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Hadapi Persaingan Ketat Unitri Sasar Mahasiswa Kurang Mampu Luar Jawa"