banner 468x60

Sekda Pastikan Kinerja Pemkot Tetap Berkualitas Walaupun Banyak ASN Pensiun

banner 160x600
banner 468x60

 

MADIUN(KRJ.COM) – Pensiun sesuatu yang tidak bisa ditawar. Tidak bisa dimundurkan atau dimajukan. Ini terjadi secara alamiah sesuai dengan usia dan masa pengabdian. Menyikapi itu, kami sudah melakukan pemetaan khusus untuk tenaga guru,’’ kata Sekda Kota Madiun Rusdiyanto  usai apel sekaligus penyerahan SK pensiun di halaman depan Balai Kota Madiun, Senin (18/2).

Dikatakan Sekda Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun semakin berkurang. Sebanyak 42 ASN menapaki usia pensiun terhitung April hingga Juni mendatang. Kebanyakan pegawai dari lingkup Dinas Pendidikan. “ berkurangnya ASN tidak mengurangi kinerja di Pemkot Madiun,” ujaranya.

 Diungkapkan pula oleh Sekda menyebut kegiatan belajar-mengajar (KBM) dipastikan tetap berjalan maksimal. Apalagi, pemkot sudah memiliki 58 guru tenaga upahan hasil seleksi beberapa waktu lalu. Belum lagi, tambahan rekrutmen ASN dari seleksi CPNS 2018 lalu. Sekda menyebut Kota Madiun mendapat 172 ASN baru dari seleksi CPNS tersebut. Sebagian besar juga tenaga kependidikan. Hanya, ASN hasil seleksi CPNS ini masih dalam proses pembekalan.

‘’Dari tambahan yang ada itu akan kami optimalkan dengan melakukan penataan jam mengajar. Selain itu, kami juga berharap ASN yang ada untuk semakin mengoptimalkan kinerja sementara pada bidang yang ditinggalkan pensiun itu,’’ jelasnya.

Bagaimana dengan pejabat struktural?

Sekda menyebut pejabat struktural yang pensiun juga tak kalah banyak. Bahkan, kebanyakan pada posisi penting. Seperti, kepala seksi, kepala bidang, hingga sekretaris. Sekda mengaku belum bisa melakukan pengaturan pejabat struktural. Sebab, harus seizin Kemendagri. Kendati begitu, pihaknya sudah mengusulkan pentaan pejabat tersebut. Hanya, surat tanggapan dari Kemendagri belum turun.

‘’Ada beberapa jabatan yang kosong dan harus diisi. Tetapi tidak bisa sembarangan. Ada aturan mainnya. Ini tengah kami upayakan,’’ ungkapnya.

Sekda menghimbau puluhan pejabat yang segera purna tugas tersebut tetap memberikan sumbangsih tenaga, pemikiran, dan waktunya kepada negara. Paling tidak kepada masyarakat di lingkungan sekitar. Pihaknya berharap, pensiun bukan menjadi alasan untuk berhenti berkarya.‘’Pensiun hanya status. Sebagai mahkluk sosial pastinya membutuhkan orang lain dan dibutuhkan orang lain. Ujarnya. (dil/adv)

 

 

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Sekda Pastikan Kinerja Pemkot Tetap Berkualitas Walaupun Banyak ASN Pensiun"