banner 468x60

Puskesmas Dinoyo Jemput Bola Pasien DM

banner 160x600
banner 468x60

 

Kepala Puskesmas Dinoyo dr. Rina Istarowati

MALANG(KRJ.COM) Puskesmas Dinoyo lakukan jemput bola ke masyarakat. Pola jemput bola dilakukan, karena masyarakat sering tidak menyadari bahwa dirinya  bisa terjangkit Diabetes Miritus (DM)  

“Jadi memang selama ini orang yang punya gula darah tinggi itu nggak ngerasa, tiba-tiba saja kena DM. makanya kami jemput bola ke posyandu di wilayah RW terus mengadakan tes gula darah,” ujar Kepala Puskesmas Dinoyo dr. Rina Istarowati  pada wartawan   Rabu (5/12).

       Dikatakan  untuk pemeriksaan DM harus melewati beberapa tahapan. “tidak bisa kalau langsung, Gula darah itu ngga bisa setelah di tes langsung terdeteksi, jadi harus ada analisis dokternya,” ujarnya   Nantinya, setelah di analisa hasilnya disampaikan ke pasien yang sudah terdeteksi. “Jadi memang deteksi dini adalah tindakan awal untuk menemukan kasus DM di masyarakat,” tegasnya.

       Dari data Puskesmas Dinoyo, jumlah pasien yang terkena DM saat ini mencapai seribu orang. Yakni, dari total 35 RW masing-masing RW mempunyai pasien DM sebanyak 30 hingga 35 orang.

         Rina   mengimbau kepada masyarakat untuk tetap rutin memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas, agar angka DM di Kota Malang semakin menurun setiap tahunnya. “Puskesmas  mefasilitasi untuk masyarakat memeriksakan kesehatan. Kalau pun, mereka terdeteksi penyakit DM ya kami sarankan untuk berobat, tapi kembali lagi ke pasien mau berobat apa tidak,” tukasnya. (dil)

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Puskesmas Dinoyo Jemput Bola Pasien DM"