banner 468x60

Penyandang Disabilitas Bisa Di Rujuk Ke Bina Daksa Cibinong Bogor

banner 160x600
banner 468x60

 

MALANG(KRJ.COM) Berdasarkan Perda Kota Malang No. 2 Tahun 2014 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas, Dinas Sosial Kota Malang menyelenggarakan kegiatan Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial bagi Penyandang Disabiltas melalui Kegiatan Perujukan ke UPT dan Balai Besar Rehabilitasi Vokasional di wilayah Propinsi Jawa Timur dan Kementerian Sosial RI.

             Kegiatan Rehabilitasi sosial dan Pemberdayaan Sosial dimaksudkan untuk memulihkan dan mengembangkan kemauan dan kemampuan penyandang disabilitas agar dapat melaksanakan fungsi sosial secara optimal dalam kehidupan bermasyarakat, mampu memenuhi kebutuhan dasarnya serta meningkatkan taraf kesejahteraannya secara mandiri.

            Salah satu Balai Besar Rehabilitasi Vokasional milik Kementerian Sosial RI yang menjadi Sasaran Rujukan adalah Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Cibinong Bogor. Balai tersebut sebagai Sarana rehabilitasi lanjutan bagi para penyandang disabilitas yang telah mendapatkan pelatihan dan pembinaan oleh Dinas Sosial Kota maupun Propinsi. Adapun Persyaratan Umum calon Penerima Manfaat Program ini sebagai berikut:

  1. WNI pria maupun wanita
  2. Penyandang Disabilitas Fisik, Tidak memiliki disabilitas ganda
  3. Berbadan Sehat dinyatakan dengan surat keterangan dokter
  4. Berusia minimal 18 tahun maksimal 35 tahun
  5. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  6. Tidak mempunyai tanggungan keluarga
  7. Berijazah pendidikan formal yang sesuai dengan persyaratan khusus pelatihan vokasional yang diminati serta memiliki sertifikat keterampilan dasar dari Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD), Panti Sosial Bina Daksa (PSBD), Loka Bina Karya (LBK) Balai Latihan Kerja atau Badan Diklat/ khursus lain.
  8. Melampirkan kartu BPJS/ KIS (bagi yang memiliki)
  9. Melampirkan SKCK yang berlaku
  10. Tidak memerlukan pelayanan rehabilitasi medik (operasi, pasca operasi, fisioterapi, alat bantu, dll) selama proses pelatihan berlangsung
  11. Tidak memiliki penyakit menular
  12. Tidak menderita epilepsi
  13. Tidak buta warna total

Sedangkan Prosedur Pendaftaran sebagai berikut:

  1. Mendaftar dan melengkapi berkas pendaftaran di Dinas/ Instansi Sosial Provinsi/ Kabupaten/ Kota, setempat atau ke BBRVBD/ BBRSBD/ PSBD terdekat dan melengkapi berkas Form P1, P2, P3, P4 dan P5; foto berwarna seluruh badan ukuran postcard yang memperlihatkan kedisabilitasannya, dan melengkapi berkas sebagaimana persyaratan umum di atas.
  2. Berkas pendaftarann dari Dinas/ Instansi Sosial Kabupaten/ Kota dikirim ke Dinas/ Instansi Sosial Provinsi BBRVBD/ BBRSBD/ PSBD terdekat untuk diseleksi secara administrasi atau langsung menghubungi BBRVBD/ BBRSBD/ PSBD terdekat untuk dicek kelengkapannnya
  3. Bagi Calon penerima manfaat yang memenuhi syarat administratif akan dipanggil ke BBRVBD/ BBRSBD/ PSBD yang terdekat untuk mengikuti seleksi/ test assesment atau langsung menghubungi BBRVBD/ BBRSBD/ PSBD tentang jadwal tesnya.

Jenis-Jenis Pelatihan Vokasional di Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Cibinong Bogor sbagai berikut:

  1. Penjahitan
  2. Komputer
  3. Desain Grafis dan percetakan
  4. Elektro
  5. Pekerjaan Logam
  6. Otomotif

Waktu Pelatihan: Pelatihan dilaksanakan selama 9 (sembilan) bulan di lembaga serta Praktek Belajar Kerja (PBK)/ magang di perusahaan selama 45 hari. (adv/dil)

 

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Penyandang Disabilitas Bisa Di Rujuk Ke Bina Daksa Cibinong Bogor"