banner 468x60

Muarib Camat Blimbing Ada 200 KPM Telah Mendapatkan Bantuhan Sosial Pada Masa Covid 19

banner 160x600
banner 468x60

 

Malang (Koranrakyatjatim.com)  Pada masa Covid 19 ini cukup banyak  bantuhan dari pemerintah pusat maupun  daerah Camat sebagai aparat yang ada di bawah hanya sebagai petugas untuk menyalurkan sejumlah bantuhan yang ada dan semuanya telah dikoordinasi oleh Dinas  Sosial Kota Malang . “  Sampai saat ini, saya liat bantuhan tidak sampai salah sasaran, “ tandas Camat Blimbing  Drs. Muarib  Camat Blimbing Kota Malang diruang kerjanya Kamis (8/10) pada koranrakyatjatim, dikatakan beberapa bantuhan yang ada diantaranya ada Program Keluarga Harapan (PKH)  yang datangnya dari Pemerintah Propinsi  Jawa Timur yang disalurkan melalui Dinas sosial Kota Malang, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan juga Bantuhan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan melalui kantor pos atau bank yang telah ditunjuk, dimana bantuhan itu langsung dari Kemensos. Sedangkan di wilayah kecamatan Blimbing ada 200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).    

Dikatakan kami tidak ingin adanya penerima ganda dengan jenis bantuan lainnya seperti sudah dapat BST  tapi juga menerima  bantuan Program Keluarga Harapan (PKH. Dia pun berharap agar petugas tetap melakukan sistem sortir untuk menghindari dobel penerima. Itu sebabnya, dalam setiap pencairan juga melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang untuk melihat langsung detail dan informasi penerima bantuan.

Karena sesuai ketentuan yang ada, para penerima BST harus keluarga yang sebelumnya belum menerima bantuan sosial lain. Di antaranya seperti penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako, serta Kartu Pra-Kerja.

Sementara itu, Kota Malang sendiri mendapatkan jatah atau kuota penerima BST sebanyak 22.718 jiwa. Jumlah itu berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebanyak 13.990 jiwa dan ditambahkan dengan data non DTKS yang sebelumnya didata sendiri oleh Pemerintah Kota Malang sebanyak 8.728 jiwa.

Para penerima bantuan mendapatkan pencairan sesuai skema yang berbeda. Untuk yang tak memiliki rekening di Bank Himbara, maka penerima bantuan akan mendapat bantaun melalui Kantor Pos. Total untuk penerima manfaat yang bantuannya disalurkan melalui kantor pos di Kota Malang mencapai 20.094 jiwa.

Dengan rincian penerima bantuan di Kecamatan Blimbing jumlah penerima manfaat sebanyak 4.073 jiwa, kecamatan Kedungkandang 2.966 jiwa, kecamatan Klojen 3.568, kecamatan Lowokwaru 3.407  jiwa dan kecamatan Sukun 6.080 jiwa. Total BST untuk kota Malang yang disalurkan melalui Kantor Pos Malang senilai Rp 12.056.400.000,- atau terinci Rp 600 ribu/jiwa/bulan untuk masa bantu selama tiga bulan. (dil/adv)

.

 

 

 

 

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Muarib Camat Blimbing Ada 200 KPM Telah Mendapatkan Bantuhan Sosial Pada Masa Covid 19"