banner 468x60

Siapkan Kamus Indonesia – Madura Upaya Puskesmas Kedungkandang Layani Masyarakat

banner 160x600
banner 468x60

 

 

 

 

dr.Yulia Damayanti, MMRS Kepala Puskesmas Kedungkandang Di Zona Infeksius, samping kamus Indonesia - Madura dan atas pasien Puskesmas ( fadil)

MALANG(KRJ.COM)  “Terwujudnya Masyarakat Kecamatan Kedungkandang yang Sehat dan Mandiri”Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan, Mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat, Memelihara dan meningkatkan mutu dan keterjangkauan pelayanan kesehatan, Menyelenggarakan pelayanan kesehatan sesuai standar pelayanan kesehatan, Memelihara dan meningkatkan kesehatan perseorangan, keluarga, masyarakat dan lingkungan motto Sehat untuk semua “ Janji layanan kami siap melayani anda dengan ramah dan nyaman,”  seperti disampaikan dr.Yulia Damayanti, MMRS  Kepala Puskesmas Kedungkandang Kota Malang saat berbincang dengan koranrakyatjatim.com Senin (19/3) diruang kerjanya .

            Dikatakan  tata nilai budaya  Mutu   kita  kenal dengan  (SIIPP) yang telah disepakati oleh karyawan dan petugas  yang ada di Puskesmas Kedungkandang adalah  SENYUM Ekspresi karena bergeraknya bibir atau kdua ujung bibir atau pula disekitar mata (menjadi menyipit) yang dilakukan kepada pasien / pengguna layanan maupun sesama karyawan .INFORMATIF Mampu memberikan informasi yang jelas sesuai dengan kebutuhan pasien / pengguna layanan.INTEGRATIF Melakukan pelayanan klinis dan pelayanan keshatan masyarakat yang terpadu, yaitu dengan selalu berupaya menyatukan atau menghubungkan pelayanan antar ruangan pelayanan klinis, bila di anggap perlu sesuai dengan kebutuhan pasien / pengguna layanan dan koordinasi antar program. PROFESIONAL Bekerja sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang dimiliki, sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. PRIMA Mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pasien/pengguna layanan dan selalu pada kondisi kesehatan yang prima.

 

Pasien Puskesmas Kedung Kandang Kota Malang ( fadil)

 

            Dikatakan dr. Yulia untuk memberikan layanan prima kita tak tanggung tanggung , karena diwilayah Puskesmas Kedungkandang  banyak yang berdarah Madura , agar tidak mengalami kesulitan dalam memberikan layanan di tempat  layanan diberikan kamus Indonesia – Madura, hal itu karena petugas berpengalaman ada yang kesulitan untuk melayani pasien  yang  tak bisa berbahas Indonesia. Misal “ Linu- Linu  bahasa maduranya Nyo ngeronyo  “,”  mual mual - juk onjuken”  dan masih banyak lagi  Selain itu juga memberikan Zona Infeksius dan Zona Non Infeksius agar bisa aman pasien masuk ke Puskesmas  bila memang tak memiliki penyakit yang bisa menular.

          Masih dikatakan dokter lulusan UNS Bagaimana untuk Sehat  di Jaman Now  harus memperbanyak  makan  buah dan sayur , tidak merokok, bisa kelola stress, rajin  berolahraga dan cek kesehatan secara rutin. Data hasil penelitian Komulatif LBI tahun 2017   bahwa  Ispa menduduki penyakit peringkat atas yang masuk di Puskesmas Kedungkandang selanjutnya disusul oleh Hypertensi ( HT) , Osteoarthritis, Gastritis, Headache, DM,  Dermatitis,cough  dan terakhir penyakit jaringan. Dr Yulia mencoba melakukan analisa kenapa Hypetensi  justru menempati posisi nomor dua  padahal kalau dilihat kegiatan Olahraga juga  sudah cukuo lumayan dilakukan. Akhirnya dr. Yulia untuk menurunkan peringkat hypertensi di Nomor dua setelah Ispa akhirnya melakukan gerakan untuk memperbaiki pola makan yakni  gerakan tanam sayur , buah dan aktifitas Olahraga yang kerap disebut dengan Gertak Sambalado. Dengan melakukan penanaman di Taman Rolak sejak tahun 2017  di wilayah Kelurahan Kedungkandang sebagai percontohan. Setelah melakukan gerakan itu terjadi penurunan  pasien hypertensi di wilayah Kedungkandang mencapai 4.876 orang  di  4 kelurahan. Dan 48 persen (2358) nya ada di Kelurahan Kedungkandang. Sehingga  diperkirakan 4,6 Prosen penurunannya.

        Sementara untuk Risiko ibu hamil kurang energi kronis (KEK)   Dan Anemia untuk melahirkan bayi  dengan berat badan Lahir Rendah (BBLR)  juga ada, namun untuk KEK segera ditangani dengan melakukan pendampingan oleh petugas dari Puskesmas Kedungkandang  . Sementara saat ini yang masih diperlukan agar bisa memaksimalkan layanan adalah perlu ada tambahan tenaga medis, saat ini tenaga  dokter  baru tiga termasuk saya , yah setidaknya ada 3 lagi agar bisa lebih maksimal pelayananya. (dil)

 

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Siapkan Kamus Indonesia – Madura Upaya Puskesmas Kedungkandang Layani Masyarakat"