banner 468x60

Puskesmas Rampal Celaket Satu Satunya Memiliki Alat Canggih Laboratorium TCM TB

banner 160x600
banner 468x60

Laboratorium TCM TB Milik Puskesmas Rampal Celaket

MALANG (KRJ.COM) Masyarakat yang ada di sekitar Puskesmas Rampal Celaket  sangat dimudahkan, bila mereka menderita penyakit TBC  tidak perlu jauh jauh untuk berobat, karena Puskesmas Rampal Celaket satu satunya Puskesmas yang memiliki peralatan canggih yang disebut  TCM TB ( Tes Cepat Moleculer Tuberkolosis ) Tuber Colosis . Alat TCM atau Gene Expert ini mendapat rekomendasi dari Oranisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak Desember 2010 sebagai alat diagnosis  cepat TB.  

         Alat  ini juga dapat melakukukan pemeriksan cepat Tuberkulosis yang resistensi terhadap Rifampisin (Rif Resistance). Keunggulan lainnya adalah alat ini mudah digunakan, mudah dibawah, dan tidak memerlukan persyaratan pengendalian infeksi yang complex, serta hasilnya bisa diperoleh dalam waktu sekitar dua jam saja. Berbeda dengan pemeriksaan BTA  konvensional yang memerlukan waktu 3 hari bahkan untuk TB MDR bisa 6-8 minggu.

            Kepala Puskesmas Rampal Cekaket dr. Herlin Kisworini membenarkan bahwa di Puskesmas Rampal Celaket merupakan satu satunya Puskesmas yang memiliki Laboratorium  Tes Cepat Molecular Tuberkulosis ( TCM) TB , peralatan kesehatan itu cukup lumayan canggih , karena sangat cepat untuk melakukan test terhadap  pemeriksaan dahak yang  kemungkinan ada indikasi penyakit TBC, Kelebihanya disampaikan dr. Herlin, bahwa alat TCM lebih peka dan sensitif fdan akurasinya  bisa dihandalkan. Kenapa peralatan TCM TB  hanya berada di Puskesmas Rampal  Celaket, tujuanya agar bisa lebih cepat  melayani masyarakat yang ada di wilayahnya.  

Diakui bahwa, dirinya banyak  meningkatkan pelayanan yang sebelumnya  di Puskesmas Rampal Celaket sempat adanya keluhan perihal kecepatan pelayanan, namun untuk saat ini sudah bisa diatasi , semenjak ia masuk di Puskesmas Rampal Celaket banyak yang ia perbaiki. Namun, kalau soal peningkatan pelayanan bukan hanya karena peralatan kesehatan, tapi juga disiplin dari karyawan yang ada yang harus ada ketauladanan. “ Kalau kita menyuruh bawahan disiplin, harus bisa memberikan contoh,  karena semuanya butuh ketauladanan,  baru semuanya bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

            Diungkapkan  bahwa di rampal celaket memiliki 25 tenaga yang dari ASN  baik tenaga medis maupun bidan, semuanya memiliki perlakuan yang sama mereka harus memiliki semangat, profesional, inovasi dan tanggung jawab. Sehingga  kalau sampai ada yang masuk kerja sampai ada yang terlambat ya perlu diingatkan. Sebagai kepala Puskesmas juga tidak duduk kemudian diam, kita juga ikut menangani pasien, karena kita menginginkan jangan sampai ada keluhan dari pasien terkait dengan lambanya pelayanan. Diungkapkan juga di Rampal Celaket memiliki tiga kelurahan, yakni Kelurahan Samaan, Rampal Celaket dan kelurahan Klojen  dengan jumlah penduduk sekitar 6000 Kepala Keluarga.  Sedangkan   dalam sehari minimal 100 Pasien yang  berobat di  Puskesmas Rampal   Celaket ( dil) 

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Puskesmas Rampal Celaket Satu Satunya Memiliki Alat Canggih Laboratorium TCM TB"