banner 468x60

Puskesmas Gribik Layani Pasien HIV/AIDS

banner 160x600
banner 468x60

drg Dinna Indarti Kepala Puskesmas Gribig

MALANG(KRJ.COM) AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus yang menyebabkan kekurangan imun. Sedangkan HIV merupakan penyebab dasar AIDS. Sedangkan HIV dan AIDS dapat menyerang siapa saja. Namun pada kelompok rawan mempunyai risiko besar tertular HIV penyebab AIDS. drg Dinna Indarti Kepala Puskesmas Gribig mengatakan Senin (1/12) bahwa sekarang Puskesmas Gribig juga ikut melayani pasien penyakit HIV/AIDS , yang sebelumya hanya satu Puskesmas saja yang bisa memberikan pelayanan, karena penyakit HID/AIDS bisa terjadi dimana mana maka termasuk Puskesmas Gribik bisa melayaninya.
           Tentunya adanya layanan baru para petugas medis mendapatkan refresing tambahan informasi bagaimana melayani penyakit HIV/AIDS, yang telah dilaksanakan  sejak  Mei 2018. Sementara dalam kesempatan refresing yang memberikan materi Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Bayu Cahya Wijaya dengan materi pencegahan penularan HIV ke ibu dan Anak
        Penyebab penyakit HIV/AIDS Orang yang berperilaku seksual dengan berganti-ganti pasangan ,Pengguna narkoba suntik, Pasangan seksual pengguna narkoba suntik , Bayi yang ibunya positif HIV Sedangkan Penularan HIV/AIDS, Dengan melalui hubungan seksual (anal, oral, vaginal) yang tidak terlindungi (tanpa kondom) dengan orang yang telah terinfeksi HIV, Jarum suntik/tindik/tato yang tidak steril dan dipakai bergantian, Mendapatkan transfusi darah yang mengandung virus HIV , Ibu penderita HIV Positif kepada bayinya ketika dalam kandungan, saat melahirkan atau melalui air susu ibu (ASI).
                  HIV tidak ditularkan melalui hubungan sosial yang biasa seperti jabatan tangan, bersentuhan, berciuman biasa, berpelukan, penggunaan peralatan makan dan minum, gigitan nyamuk, kolam renang, penggunaan kamar mandi atau WC/Jamban yang sama atau tinggal serumah bersama Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Sedangkan tanda dan Gejala Klinis Penderita HIV/AIDS Berat badan menurun lebih dari 10 % dalam 1 bulan , Diare kronis yang berlangsung lebih dari 1 bulan, Demam berkepanjangan lebih dari1 bulan , Penurunan kesadaran dan gangguan-gangguan neurologis, Dimensia/HIV ensefalopati , Infeksi jamur berulang pada alat kelamin wanita E. Pencegahan HIV/AIDS HIV dapat dicegah dengan memutus rantai penularan, dengan cara menggunakan kondom pada setiap hubungan seks berisiko , Tidak menggunakan jarum suntik secara bersama-sama F, Penatalaksanaan HIV/AIDS .
            Sampai saat ini belum ada obat yang dapat mengobati AIDS, tetapi yang ada adalah obat untuk menekan perkembangan virus HIV sehingga kualitas hidup ODHA tersebut meningkat. Obat ini harus diminum sepanjang hidup.(dil)
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Puskesmas Gribik Layani Pasien HIV/AIDS"