banner 468x60

Sekitar 70 Dari OPD Kecamatan Dan Lurah Dapat Sosialisasi KTR Oleh Dinkes

banner 160x600
banner 468x60

 

Pertemuan Sosialisasi Bagi OPD, Institusi Kota Malang di hotel Trio Kota Malang, tampak dr. dr. Husnul Muarif Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kota Malang sedang memberikan materi (dil)

 

MALANG(KRJ.COM) Dinas Kesehatan Kota Malang melakukan sosialisasi Perda No.2 Tahun 2018 terkait dengan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) pada 69  lurah camat dan seluruh SKPD di Kota Malang.  Tema yang diusung  Pertemuan Sosialisasi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Bagi OPD  Institusi Kota  Malang . Pelaksanaan  Senin (12/11) pagi di hotel Trio  Kota Malang.  

             Dikatakan Drg.Betty Rosmawati Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) bahwa  kegiatan ini sebagai tindak laanjut dari kegiatan sebelumnya, karena KTR ini harus terus dilaksanakan dan diharapkan bisa  diimplikasikan keseluruh  kelurahan, Dinas , Kecamatan maupun seluruh instansi terkait yang ada di kota Malang. Diakui Betty , bahwa  saat ini untuk implementasi harus diperkuat dengan Perwal, namun sebagian sudah ada yang melaksanakan, kendati Perwal belum ada termasuk kawasan Rumah sakit maupun Puskesmas menjadi keharusan sebagai kawasa tanpa rokok (KTR)

                Masih dikatakan Betty, memang  untuk memberikan kesadaran pada masyarakat tidak mudah, harus ada aturan yang mengikat dan kemauan dari instansi yang ada.Oleh, karenanya pada tahun 2019 sudah menginisiasi pembuatan Perwal, sehingga menjadi satu kewajiban  dari instansi di bawah  baik kelurahan maupun Kecamatan serta Dinas untuk  bisa melaksanakanya,. Kegiatan ini sangat  mendapatkan respon positif dari sejumlah kecamatan. Bahkan salah seorang Plt  kecamatan Sukun bagaiamana dengan kawasan restaurant ataupun cafe yang tampaknya tak menghiraukan aturan  terkait dengan KTR.

Akhirnya dijawab  bahwa intinya Perwal harus segera ada, sehingga para camat maupun lurah mengetahui aturan main dari Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Kegiatan yang berlangsung selama setengah hari itu, banyak masukan dan usulan dan sejumlah  camat maupun lurah, bagaimana teknis untuk membuat lokasi KTR. Hadir membuka kegiatan Drs Wasto Sekda kota Malang dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang  Dr dr Asih Tri Rachmi Nuswantari MM dan dr. Husnul Muarif Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kota Malang . Setelah  SKPD, kecamatan dan kelurahan berikutnya akan diundang seluruh sekolahan mulai dari Paud, SMU maupun SMK  yang ada di kota  Malang. (dil)  

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Sekitar 70 Dari OPD Kecamatan Dan Lurah Dapat Sosialisasi KTR Oleh Dinkes"