banner 468x60

Gemulai Untuk Puskesmas Arjuno Untuk Remaja Putri

banner 160x600
banner 468x60

 

Pasien Puskesmas Arjuno 

MALANG (KRC.COM)  Gerakan Mengukur Lila Pada Remaja Putri (Gemulai) inovasi dari  Puskesmas Arjuno, oleh karena Puskesmas Arjuno selalu kampanyekan  Gemulai. Tujuanya  untuk mendeteksi gizi buruk remaja putri dan mencegah angka kematian ibu hamil.

            Kepala Puskesmas Arjuno, Umar Usman mengatakan langkah ini ternyata cukup signifikan untuk mengetahui remaja putri maupun calon ibu hamil mengalami gizi buruk atau tidak. Oleh, karenanya kita lakukan sejak dini. jadi perempuan muda baik yang sudah menikah atau belum sebaiknya digalakkan seperti ini. Sebab, gizi itu tidak bisa dikejar dalam waktu cepat,” ujarnya

          Dikatakan  dr. Umar Usman.Karena itu, Puskesmas Arjuno juga membuat inovasi program bernama Gerakan Mengukur Lila pada Remaja Putri (Gemulai). Program ini diterapkan di wilayah kelurahan Oro-oro Dowo, Kauman, Penanggungan dan Kidul Dalem.   Diunhkapkan juga  juga wilayahnya hanya sedikit junlah remaja putri yang ditemukan mengalami gizi buruk.

“Sedikit kok nggak sampai 10 persen. Kurang gizi itu artinya, dia kekurangan darah, jadi kalau hanya mengandalkan tablet tambah darah ya nggak bisa harus diimbangi dengan makan makanan yang sehat,” tegasnya.

Dampak buruk yang dialami oleh ibu hamil nantinya jika gizi tidak terpenuhi, yakni salah satunya adalah pendarahan. Perdarahan saat hamil pada kebanyakan perempuan biasanya terkait dengan peluang melahirkan bayi yang sehat. Hanya saja, hal ini harus diwaspadai alias disikapi dengan bijak.

“Gizi buruk ini kalau beberapa penyakit yang menyebabkan kematian ibu bersalin ya pendarahan. Pendarahan itu ternyata setelah diteliti itu terjadi karena pembekuan darahnya kurang maksimal,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan salah satu penyebab pendarahan tak lain karena kurang zat gizi. Untuk itu, ketika hamil, ibu maupun remaja putri dianjurkan mengonsumsi lebih banyak vitamin C, sayuran mengandung zat besi, serta minum tablet tambah darah.“Perlu waktu lama kalau sudah terjangkit. Untuk itu perlu dijaga sejak awal,” pungkasnya (dil

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Gemulai Untuk Puskesmas Arjuno Untuk Remaja Putri"