banner 468x60

Asuhan Mandiri Memanfaatkan Toga Sebagai Pengobatan Awal

banner 160x600
banner 468x60

Sosialisasi Asuhan mandiri Di Puskesmas Kedungkandang Kota Malang (nyo)

MALANG(KRJ.COM) Puskesmas Kedungkandang melakukan sosialisasi asuhan Mandiri pada masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kedungkandang. Asuhan mandiri dengan memanfaatkan tanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga).
Dikatakan Ratih Wijastuti, Amd.kep prokes Puskesmas Kedung kandang bahwa Puaskesmas Kedungkandang telah melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait dengan tanaman obat keluarga di empat kelurahan di wilayah Kerja Puskesmas Kedungkandang.
Satu Puskesmas memiliki taman toga mengumpulkan 4 kelurahan , setiap kelurahan bikin satu Taman Posyandu , setiap rumah diharuskan menanam lima macam tanaman obat diantaranya , kunir, Jahe , kumis kucing, kunyit, kencur dan sirih . Tujuanya, bila dalam keluarga di masyarakat ada yang sakit tidak perlu langsung ke Puskesmas,tapi bisa dilakukan penanganan pertama dengan pengobatan tradisional melalui tanaman yang ada dirumahnya. “ Sosialisasi sudah dilakukan semenjak bulan Mei 2018 dan nantinya akan dilakukan evaluasi pada bulan Oktober 2018 mendatang. Syukur, bila terkafer di empat kelurahan.Namun sementara ini ada di satu kelurahan Wonokoyo tepatnya di Rw.04 ,” ujar Ratih.
Perlu diketahui Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019 telah menetapkan indikator pencapaian target penyelenggaraan pelayanan kesehatan tradisional. Adapun target yang ditetapkan yaitu 75% dari jumlah puskesmas yang ada pada tahun 2019 telah mengembangkan pelayanan kesehatan tradisional. Salah satu pencapaian indikator tersebut diukur berdasarkan kemampuan puskesmas menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan asuhan mandiri pemanfaatan TOGA
Hal tersebut selaras dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2014 pada Pasal 70, dimana masyarakat diarahkan agar dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri (asuhan mandiri) yang dilaksanakan melalui pemanfaatan taman obat keluarga dan keterampilan. Asuhan mandiri pemanfaatan TOGA merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan status kesehatan serta mencegah dan mengatasi masalah/gangguan kesehatan ringan secara mandiri oleh individu, keluarga, kelompok, masyarakat dengan memanfaatkan TOGA .
Untuk dapat mengembangkan kemampuan masyarakat melaksanakan asuhan mandiri kesehatan tradisional, perlu adanya tenaga kesehatan puskesmas yang sudah dilatih sebagai fasilitator puskesmas asuhan mandiri pemanfaatan TOGA, melalui pelatihan asuhan mandiri pemanfaatan TOGA bagi fasilitator puskesmas.
Fasilitator puskesmas tersebut akan memfasilitasi kader dalam melakukan orientasi asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan akupresur, yang selanjutnya kader kesehatan akan berperan sebagai koordinator sekaligus pembina kelompok keluarga binaan asuhan mandiri kesehatan tradisional di masyarakat. Melalui orientasi asuhan mandiri dan pembinaan yang berkesinambungan, diharapkan anggota kelompok keluarga binaan akan mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan TOGA.(dil)

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Asuhan Mandiri Memanfaatkan Toga Sebagai Pengobatan Awal"