banner 468x60

HUBUNGAN BAIK RI-KAMBOJA PERLU DITINGKATKAN MENJADI KERJA SAMA NYATA

banner 160x600
banner 468x60

 

JAKARTA(KRJ.COM)  Hubungan baik Idonesia-Kamboja telah terjalin cukup lama hal ini tercermin dari ha.pir semua pimpinan kedua negara itu saling berkunjung. Hubungan baik itu diharapkan juga berlanjut dalam bidang ekonomi dan investasi. Hal ini disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menerima Menlu Kamboja, Prak Sokhonn, di kantor Wapres, 2 Februari 2018.

Bahkan menurutnya hubungan personal di antara pimpinan kedua negara sudah hampir seperti keluarga. Wapres mengharapkan hubungan baik tersebut juga terjadi dalam bidang ekonomi dan investasi. “Investasi Indonesia sudah baik di Kamboja, semoga ini dapat berlanjut.”ujar Wapres.

Selain bidang ekonomi, lanjut Wapres, kerja sama antara kedua negara perlu dilanjutkan dalam bidang pendidikan, pariwisata, pertahanan dan lain sebagainya. Secara khusus, peningkatan kerjasama pendidikan mendapat perhatian khusus dari Wapres. Wapres menyampaikan peluang bagi kaum muda Kamboja untuk belajar di Indonesia.  “Kaum muda adalah pemimpin di masa depan. Sehingga pendidikan bagi kaum muda sangatlah penting” ujar Wapres. 

Lebih lanjut Wapres menyampaikan bahwa kerja sama dalam bidang pariwisata juga memiliki potensi, mengingat adanya kemiripan budaya antara kedua negara. “Indonesia dan Kamboja memiliki kebudayaan yang mirip,  sehingga dapat dibuat kegiatan yang saling melengkapi.” ujar Wapres.  

Dalam pertemuan di Kantor Wakil Presiden ini, Menlu Prak Sokhonn menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi Indonesia untuk mewujudkan perdamaian di kawasan. Menlu Kamboja ini juga menegaskan komitmen pemerintah Kamboja untuk meningkatkan hubungan baik kedua negara melalui kerja sama yang nyata dalam berbagai bidang. Menlu Sokhonn juga melaporkan bahwa sebelumnya ia dan Menlu RI Retno Marsudi telah sepakat untuk mengaktifkan kembali forum pertemuan bilateral tahunan (Joint Commission Meeting) yang sempat terhenti 12 tahun lalu. Kedua Menteri Luar Negeri juga sepakat bekerja sama untuk meningkatkan kapasitas pusat pelatihan diplomat  Kamboja (eas)

 

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "HUBUNGAN BAIK RI-KAMBOJA PERLU DITINGKATKAN MENJADI KERJA SAMA NYATA"